Tags

, , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Ah apalah.. apalah…

Assalamu alaikum dear readers…

It’s been a really very long time for me not to post anything longer than 2 lines of my lash-out at something. Terus kayaknya untuk summary of 2023, yang tadinya niatnya mau bikin Reel, kok tetiba ada niat dan kemauan untuk bikin draft blog, ya udah, here we are!

Anw, 2023, samalah ya seperti tahun-tahun sebelumnya ups and downs. Lots of stories, tears, laughs, cem-macemlah pokoknya.

January

Di bulan ini, project yang hampir 4 tahun aku assist officially berakhir. Tapi secara administrative banyak banget yang belum kelar. Sampai bulan Oktober pun masih ada printilan yang musti dikerjain. Di bulan ini terakhir aku ke Timor-Leste untuk project ini. Sweet and sour lah ya rasanya. Tetapi yang mendominasi adalah kebanggaan, satu project utuh sudah selesai. Yeay!

Kemudian di Bulan ini mulai daftar sekolah dong, ya ampun anakku akan starting sekolah dasar di bulan Juli 2023. Time flies faaaaaaast!!! and I feel a bit sad about this, especially the separation.

February

Preparation untuk upcoming event and activities on Open Science dan regional network saintek. Ada empat event yang akan dilakukan di bulan Maret, Mei dan Juni 2023. Jadi kayaknya bulan ini stay di kantor dan bolak balik Pati. Preparasi event sambil beresin printilan Project TL. Oiya, di bulan ini kami pun sibuk beberes kantor karena akan pindah ke kantor baru.

March

Mission ke KL untuk pertama kalinya. Ya ampun aku g pernah ke Malaysia atau Singapore seumur hidup. Wkwkwk jujurly. Sekali doang transit di KLIA sebelum perjalanan ke Seoul years ago. Sekali ke KL, rasanya kayak di Jakarta aja sih. Everything was easy. Cari makan gampang, kemana-mana gampang. Ya tetep juga main ngebolang sendiri!

April

PINDAHAN Kantor! OMG, ini capek banget…

Preparasi big event di akhir May-June, dan pertengahan June. Ramadhan dan Lebaran, of course di rumah. Oiya selama Maret-April kita WFH sih. Karena pindahan kantor. Dimana kantor lama udah harus beneran dikosongin akhir February, sedangkan Kantor baru belum siap. Hahaha jadi ya udah….

Situesyen meja setelah pindahan dan menetap beberapa bulan. Foto ini diambil Desember 2023… Hahaha…

May

Ya ampun di masa-masa ini kayaknya aku hampir tiap hari pulang malem dari kantor. Ada acara besar di akhir Mei, dan preparasinya hampir dari awal tahun. Terus juga musti siapin another big event di KL di akhir June. Ada yang perlu di highlight di sini. This year, especially this month was a period that I had a turmoil, a kind of reconciliation of a past “situation”.

LOL. So, this friend of mine and I have been close for more than 12 years now. With all our life events passed and path crossed, especially with all my ups and downs personally and mentally, he was “kind-of” there. We were always shifting between the on-and-off phase in contacting each other during these past 12 years, but starting from the end of 2022 and then again in 2023, we were closer than ever. But yeah, you can guess, things went south exactly the next month.

From one of those dates...

Ketika hal-hal nggak sesuai ekspektasi, ya udah lah ya kita move on ajakan ya.
We were close but not that close anymore now. Well, the silver lining was, it spiced up my boring little life a bit. Nevertheless, we are still (maybe) friends (?) LOL or not.

Bulan ini tuh backtrack dalam kepala adalah Cruel Summer dan Daylight nya Taylor Swift. Sampe di posting segala.

June

Dari akhir Mei sampai awal Juni ada acara meeting regional. Masih sibuk, hampir tiap hari pulang malem. Tapi serunya di kantor baru yang ada dikawasan Plaza Senayan, the atmosphere was never boring. Coba aja deh cek akun Instagram JKTGo or something. Plaza senayan dan sekitarnya selalu diliput dan hampir tiap bulan ada yang baru. Jadi ya semacam hiling tipis-tipis dan hiburan.

Kerjaan dan kehidupan pribadi udah berat kak, at least bisa lihat mall hampir tiap hari, yang isinya lucu-lucu…

Red Velvet aja bikin konten di Plaza Senayan Desember kemarin:

Bulan ini juga kami se kantor macem bedol desa buat ngadain event di KL Malaysia. Aku ada nulis di sini nih

Oiya di bulan ini Anakku juga lulus TK, dan Juli akan mulai masuk SD. Ya ampyun! We also celebrated our birthday this month!

July

First day of the first semester.

Beresin hal-hal yang belum kelar… Termasuk menata hati. Bahahahaha.. damn! It was freaking a moment to remember. Mayan lah bikin hati cenat cenut… Trus alay banget lagi…

Untuk membuat draft postingan ini, aku harus ngecek tiga hal, folder mission, absensi kantor, dan archive Instagram Story. LOL.

I found soooo many interesting items and also sad ones. Considering the passing of actor Lee Sun Kyun, I just rewatched My Mister, for I don’t know how many times last September. And I realised the story now even sadder.

August

Hosting event 17-an, pergi camping sama temen-temen. Terus mendampingi Anak SD kelas 1 blajar men…

They did not let me know the dress code… Ckckckc…

Oiya aku tuh sebenernya dijadwalkan untuk Mission ke Timor-Leste bulan ini. Etapiiii, aku g berani. Karena apa karena dalam prosesnya harus naik pesawat kecil, atau kapal laut. Ya udah aku skip!

Di bulan ini kami juga diaudit untuk project Timor Leste. Masih di audit juga di bulan September. Dan di sinilah something, work-related happened and it was really hurtful. G mau ngomongin sih. Complicated soalnya.

September

Persiapan long trip mencari autumn. Termasuk beberapa online meeting, bikin visa endesway endesway. Prospek untuk bertemu musim gugur lagi rasanya bikin Bahagia sih. As you may know or not know, autumn is my favorite season, and rainfall is my favorite weather. So potentially finding them in the next mission was thrilling.

October

I watched IU Concert—in the movie format—for the first time. Ya ampun.

It was really moving experience banget. I love IU’s songs for years now. tetapi karena Bahasa yang dipakai adalah Bahasa yang nggak langsung nempel artinya, I did not really relate trully to the meaning of the song. Namun pas nonton movienya, kemudian ada subtitle nya. Ah aku langsung nangis di lima menit pertama.

Hokkaido – Tokyo Mission

Highlight di tahun ini adalah trip ke Jepang! Yeay!

Aku ikut fieldwork selama 10 hari di Hokkaido dan Tokyo. Banyak banget yang dilakukan. Tapi yang paling menarik adalah, ketemu autumn lagi setelah sekian lama. Terakhir ketemu semi autumn—not the full one—was on Germany/Belgium September 2018. I had a proper time hunting autumn foliage, I ate good food. MasyaAlloh, my love for sashimi was fullfiled. Terus pas jalan-jalan di sepanjang jalan dengan pohon-pohon musim gugurnya, yah seperti yang kulakukan di sepanjang Seine tahun 2013 dan 2018, sok-sokan melo dramatis patah hati gitu. Moodnya pas. Tapi pas di Jepang kemarin, aku lebih banyak dengerin set-list Golden Hour nya IU.

Reel ala Daylight nya TS was made from all the golden autumn foliage

Selama aku di Jepang, Bocil dirawat di Rumah Sakit. It was really hard period sih. Gimana ya, lagi tugas, bocil sakit, pengen enjoy, tapi kepikiran juga…

November

Bulan ini agak slow sih, main sama temen, nonton Eras Tour—another movie format—di bioskop. Nggak seamazing nonton Golden Hour nya IU sih. To be straightforwardly honest. Di akhir bulan ini dan awal bulan Desember pun aku ambil cuti cukup Panjang untuk menemani bocah persiapan ujian semester. Sebenernya aku diundang workshop ke Shanghai, tapi karena satu dan lain hal, dan juga mau nemenin bocah ujian, aku skip juga.

Pelajaran anak SD tuh ya ampun udah beda level lah. Paniang kak…

December

December means a family trip. Last year we went to KSA for Umrah pilgrim, and this year I brought my family to Jakarta for a family vacation. Jogja pasti macet—udah pasti. Jadi ya udah ke Jakarta ajalah. Jadi bocil bisa main ke kantor. And it was soooo fun.

Bersenang-senang di Perpusnas!

Abis itu tahun baruan di rumah aja. Dan semacam khawatir, antisipasi, sekaligus deg-degan buat semua tantangan di 2024. Di liburan akhir tahun ini pulalah ada berita baru tersampaikan. Gimana ya. Kalau mau kilas balik, semua berita-berita yang aku terima itu setting nya selalu liburan. Beneran deh. Berita terakhir yang aku dengar soal mereka adalah bulan April lalu pas lebaran. Trus updetan dari kerabat jauh datang tanpa diminta.


Intinya apa ya? Intinya adalah semua yang kita perbuat di Dunia ada ganjarannya sih. Mau diganjar kontan di Dunia kek, di akhirat kek. Ada aja balesannya. Udah itu aja.

So beware to any of your action. Kalau mau ngapa-ngapain, dan ngomong apapun itu dipikir duluuu… Omg, this is personal lesson learned genks.

Sekian 2023 in Review ini.

See you in the next year review. insyaAlloh!

with love,

atviana