Tags

, , , , , ,

Sudah hampir genap empat tahun saya tinggal di Jakarta dan kayaknya saya nggak kemana-mana, paling mal dan mal lagi. Padahal atraksi budayanya buanyak banget Jakarta itu, jadi untuk memanfaatkan waktu agar lebih bermakna, positif dan hitung-hitung menambah pengetahuan saya mau menamatkan mengunjungi museum-museum dan galeri yang ada di Jakarta. Masih di bawah tag Traveling Talk, akan saya buatkan khusus tag Keliling Jakarta untuk seri ini.

Sebenarnya, Galeri Nasional bukan tujuan pertama saya, kurang lebih sebulan lalu saya mengunjungi Museun Nasional atau yang dikenal dengan Museum Gajah, kemudian bulan Maret lalu saya ke Balai Kota Jakarta dan bertahun-tahun lalu saya juga mengunjungi Monumen Nasional, tetapi Museum pertama saya adalah Museum Fatahilah.

Namun, seri pertama bahasan di bawah label khusus ini saya mulai dengan kunjungan saya ke Galeri Nasional di hari Sabtu yang cerah yang lalu, yang tentunya masih anget aja ya.

***

Lokasi Galeri Nasional tepat ada di depan/seberang Stasiun Gambir, bisa dituju dengan menggunakan transportasi online,atau busway turun di halte Stasiun Gambir.

Serius isi galeri ini benar-benar di luar ekspektasi saya. Untuk mengunjungi pameran koleksi permanennya tidak dipungut bayaran apapun atau gratis sedangkan isinya benar-benar oke. Emang lukisan semua sih tapi serius sejarah perkembangan seni lukis di Indonesia terangkum di sini.

Saya sangat puas main ke sini. Akhirnya saya mengenal lukisan-lukisan karya Maestro lukis Indonesia seperti Raden Saleh atau Affandi.

Dan saya juga kemudian mengagumi karya-karya maestro-maestro lain yang tidak pernah saya ketahui sebelumnya. Di sini saya baru bener-bener menyadari pengetahuan umum saya soal seni, terutama seni rupa lukis nasional ternyata masih cetek.

Jadi Galeri Nasional ini memiliki banyak ruang pameran, dan ada satu gedung yang seluruh lantai duanya ditujukan untuk memajang koleksi tetap/permanen dari Galeri Nasional itu sendiri. Dan serius koleksi mereka menurut gw pribadi top banget.

Gw jadi merasa ini adalah galeri/museum milik negara paling oke yang pernah dikunjungi. Serius. Lebay ya gw. Hahaha…

Dan bisa dibilang ragam gaya lukisan, tema, pesan yang dipamerkan benar-benar beragam, but for me as usual my fav paintings ya nggak jauh-jauh dari gaya ala ala impresionis, tetapi karya-karya Affandi yang realis pun kujuga suka, yang jelas yang berwarna pastel-pastel dengan tema romantis, pesan mendalam selalu menarik perhatian. Contohnya lukisan kucing ini.

Gw duduk nonton lukisan ini dalam diam, sebenernya karena nungguin Ike sih, dan lokasi bangkunya pas depan si Kucing. Cuma seriusan gw langsung suka aja sama lukisan ini sejak pertama liat.

Kemudian lukisan pelukis asing yang juga merupakan koleksi Galeri Nasional yang mencuri perhatian gw.

Lol bisa diliatkan secara garis besar kesukaan gw itu kayak apa? Hehehehehe…

Selain itu Galeri Nasional juga dilengkapi dengan Mushola yang cukup luas dan nyaman. Dan ketika ada pameran temporal kita juga tentunya bisa menikmati karya-karya seni berkualitas. Stay tune aja sama websitenya mereka atau sosial medianya.

So puas nggak?
Puassss.

Mau balik lagi nggak?
Tentunya, kemarin belum beres menikmati seluruh koleksi tetapnya. Kalau ada pameran temporal bisa juga main lagi…

See you in another Keliling Jakarta post.

xoxoxo
atviana