Tags

, , , , , , ,

Hello!

Sudah lewat jam kerja, tapi kayaknya mau ngadem sebentar di kantor beresin draft blog sebelum pulang. Postingan ini saya buat sejak minggu lalu ketika badan rasanya kayak mau patah. These past weeks were really something. Sudah berminggu-minggu gw pergi pagi pulang malem ditambah sepanjang minggu kemarin puncak kegiatan. Tiap hari sudah harus stand by di venue jam 7 pagi, selepas jam 8 baru balik. Nggak sampai flu sih, hanya badan rasanya remuk redam dan lelah aja sis.

Lelah fisik dan mental, lol sebabnya apa? Ya ampun sepele banget sih, tapi g perlulah ya diceritakan di sini. Yang jelas seminggu terakhir nano-nano lah…

***

Hari ini pengen cerita trip yang sudah lewat, trip sebulan lalu ke Vientiane, Laos dalam rangka kerja, hanya saja bisa disambil dengan ngebolang ya…

Vientine seperti yang semua juga sudah tahu adalah ibukota dari Lao PDR, kota medium yang nggak terlalu metropolitan juga, kecil juga nggak, karena banyak wisatawan asingnya, banyak international org.nya terletak berbatasan dengan Thailand bagian utara hanya dipisahkan oleh Sungai Mekong.

Total 3 malam saya habiskan di Vientiane, kota yang asik untuk dikunjungi selama sehari-dua hari. Apa saja yang menarik:

1. Penginapan
Hal yang paling kusuka dari trip kemarin adalah penginapannya. Sebab apa? Penginapan ini adalah hasil browsing berhari-hari dan benar-benar exceed of expectation, mulai dari fasilitas kamarnya, pilihan sarapannya, dan lokasi. Bener-bener worth the money. Terus yang wajib di highlight adalah hotel ini bener-bener instagramable dan artistik.

IMG_20190923_170644_931.jpg

Nama hotelnya Bloom Boutique Hotel and Cafe. Pesennya lewat Mister Aladin. Kemarin sempet dapet promo potongan 300an ribu pula. Kan lumayan

2. Transportasi
Sayangnya di Vientiane transportasi publik itu bisa dibilang jarang hanya ada tuk-tuk dan bus kota. Untuk bus kota ini mereka punya aplikasi khusus bisa dicek disini: Vientiane City Bus. Hanya saja untuk bus kota armadanya terbilang sedikit sedangkan tuk-tuk musti tawar menawar yang aduhai gw nggak sanggup.

Jadinya kemana-mana saya naik taksi apalagi dari hotel ke kampus. Sedangkan taksi sendiri tergolong mahal. Sekali jalan dipatok angka 60.000 Kip. Dari bandara ke hotel juga segitu sih. Kalau jalan-jalan di dalam kota sih semua bisa ditempuh pakai jalan kaki ya. Terus waktu ke That Luang kita dianter sama partner. Dan gw tiba-tiba keinget ada kerjaan yang lupa gw kirim ke dia dari minggun kemarin. Aacckk…

Anw kalau butuh nomor telpon driver taksi, bisa DM, aku ada nomor whatsapp drivernya

3. Atraksi
Nah kalo atraksi di kota Vientiane ini nggak jauh-jauh dari kuil ya, ada That Dam, That Luang, terus Arc de thriomphe nya (Patoxai).

Terus ada night market dan segala macam barang jualannya yang apa aja ada.

Tetapi hal lain yang menarik perhatian disekitar kawasan hotel aku banyak nemunin toko baju dan pernak pernik yang ditenun dan diwarnai dengan pewarna alam.

Karena aku sekarang kerjaan banyak yang related sama sustainable fashion, sedikit-sedikit mulai mencoba ikut menjadi lebih sustainable. Yah semoga dengan sedikit-sedikit bisa impactnya rada keliatan.

4. Makanan
Soal makanan, Laos itu mirip-mirip Thailand lah ya. Tapi kalo kata orang Laosnya sendiri, ada beda yang signifikan. LOL, tapi ya gw nggak bisa bedain juga. Pada liburan ini gw nyobain Tom Yum terenak selama hidup. Oh…

Tiap suapan rasanya meletup-letup deh di mulut. Manteb abis, bumbunya nampol, seafoodnya seger. Pokoknya puas banget.

Oiya banyak resto halal sih, tapi makanannya kebab/pizza gitu, nah temenku—kemaren sempet ada temen main sehari—nggak mau makan makanan yang ada di Indonesia, dia bilang udah makan seafood aja yuk yang pedes-pedes berkuah. Akhirnya beloklah kita ke restoran yang menjual makanan lokal. Ya udah gw milih yg beef-beefan dan seafood ajalah amannya.

5. Keamanan untuk solo traveling
Dari segi ini cukup amanlah ya buat cewek traveling sendirian. Orang Laos ramah-ramah genks. Beneran. Aman insyaAlloh.

Dan akhirnya tercapailah niat mamak setaun sekali ngebolang ke luar negeri gratis. Dan you guess what? Laos ini adalah negara ASEAN pertama yang gw kunjungi—transit di Bangkok atau KL nggak masuk hitunganlah ya!

Pencapaian pokoknya.

Mungkin segitu dulu yes!
Kalau ada yang mau ditanyain bisa drop comments or email!

xoxoxoxo
atviana

PS. Sejak nontonin fan meeting video Running Man, gw jadi jatuh cinta sama BTOB. Awalnya karena lagunya Only One For Me dibawakan sebagai opening song, fanmeeting RM. Pas denger kok bagus, lagunya siapasih. Udah deh ketemulah BTOB yang taunya Sungjae doang gegara Goblin. Tapi ternyataaaaa mereka underrated banget. Lagunya bagus-bagus siiiiiisssss! OMG. Ya udah. Terus kepoin membernya, nontonin varshownya dst. dst. Dan akhirnya nge-ship Bbyyu couple. Wkwkwk. Kocak nggak sih.

Tapi ultimate fav member sih dek Changsoebie dan dek Minhyukie. YKWIM lah ya…

This below is the latest title single nya mereka: Beautiful Pain, selain my favorite—or let say everyone’s fav: Missing You