Tags

, , , , , , , , , , , ,

Skin type: overly dry

Main goal: get hydrated, nourished, plumpy, glowing skin *lol with affordable-good-safe skincare products

person pouring plastic tube bottle

Photo by Moose Photos on Pexels.com

***

Sudah dari lama pengen nulis ini, tetapi rada-rada males gitu. Tapi kayaknya musti direcord disini, sebagai—as the title said: jurnal.

Duh, I’m not a beauty or skincare junkie. Ada masanya males banget apply step by step routine. Apalagi kalo pas sakit kepala/migraine kambuh atau lagi heboh sama anak. Sumpah pengen skip ajalah itu semua. Wkwkwkkwk. Tetapi mulai back to skincare routine lagi setelah anak cukup besar, lepas ASI juga. Sehingga aman-aman ajalah ya. Ini skincare ditulis berdasarkan apa ya? Timeline? Jenis produk? Hmmm…

Kayaknya sih jenis produk aja ya.

Oiya perlu digaris bawahi, jenis kulit saya kering sangat. Masalah Utama setiap dites (SKII atau The Body Shop, dua ini doing sih yang sudah pernah saya coba ngetes pakai alatnya gitu) adalah minimnya kelembaban, fine lines, dark spots dan pores.

Sebenarnya saya termasuk yang setia kalau sudah menemukan satu regime yang cocok. Saya pakai SKII sejak tahun 2014 sampai sekitar awal 2017 berhenti karena hamil dan melahirkan dan pas mau lanjut lagi kaget syalalalala harganya naik. Dari situlah mulai pencarian lagi mencari—niatnya sih—produk subtitusi yang lebih terjangkau gitu, bagus lagi dengan impact yang serupa—atau lebih.

Tapi prinsipnya gini: skincare itu relative sifatnya, cocok-cocokan, review satu orang nggak berarti akan berlaku juga untuk orang lain. Ya sudahlah ya. Kita langsung aja ke listnya. Btw I wont give detail review on packaging, texture bla-bla-bla, I will only give my overall personal impression of the product ya.

First Cleanser

Viva bengkoang cleanser: iniii termasuk enaaak… Keracun adek yang make. Tapi sekarang setelah dipakai beberapa lama, kayaknya I am more into oil based first cleanser, supaya nggak tambah mengeringkan muka.

Hema oil cleanser: ini semacam baby oil gitusih efeknya. So so lah.

Wardah face olive oil: enakeuun, semua bersih terangkat. Terus dapat fungsi face oil nya kan.

Skinfood rice oil cleanser: ini oil tapi formulanya ringan banget. Bisa dicuci pake air doing efek oilynya bisa hilang. I have no idea kenapa produk korea bisa kek gini. Lol, pengen beli lagi tapi pengen beli langsung. Wkwkwk ini dulu belinya random banget, kehabisan wardah olive oil trus mampir di outletnya di Sinchon, trus random aja ngambil yang lagi diskon. Wkwkwkwk…

Baby oil merek apa aja: it really works you know. Ngangkat apapun, kotoran apapun, mascara, foundation, sunscreen all you name it.

Vaselin petroleum jelly: lol. Jangan ketawa. Ketika terdesak nggak nemu cleanser-cleanser di atas, gw pake petroleum jelly apapun, bisa ini, bisa lipbalm—udah dibilang jangan ketawa—pokoknya literally apapun petroleum jelly based product. wwkwkwk…

 

Scrub

Di lini ini nggak terlalu banyak sih apa saja yang pernah saya pakai. Dan kebanyakan saya pakainya produk scrub dengan beads, kan sekarang banyak tuh scrub yang kimiawi, nah kurang cocok eyke, jadi tambah keringlah muka pake yang peeling-peeling kimia itu:

Scrub Ristra (entah apa namanya) : Tidak terlalu berkesan sih kayaknya, sekarang aja sampai lupa dulu makenya kapan.

Peeling Mundisari Mustikaratu : termasuk scrub favorit dari zaman baheula. Affordable, membersihkan sel-sel kulit mati, tetapi butirannya agak kasar so jangan sering-sering pakainya terutama yang berkulit kering

St Yves Apricot fresh skin: ini enaaaak banget baunya, after effectnya. Manteblah ya. Kekurangan packaging nya gede, jadi nggak habis-habis—keuntungan juga si. Cuma kalo yang orangnya bosenan ya udah wasalam.

St Yves Oatmeal: ini enak juga butiran scrubnya lebih halus dan lebih pekat/lengket. Baunya personally lebih suka yang apricot. Tapi ini bisa dipakai lebih sering karena lebih lembut.

Skinfood Rice scrub: beli ini karena suka oil cleansernya. Tapi ternyata scrubnya nggak seenak oil cleansernya. Cepet rusak, baunya rada-rada tengik gitu setelah dibuka lama.

 

Second Cleanser (Foam Cleanser)

Only one worth mentioning:

RISTRA MED SOAP: ini adalah produk andalan banget. Serius belum ada yang bisa ngalahin ini setelah bertahun-tahun. Sabun-sabun muka lain datang dan pergi hanya Ristra yang masih setia dipakai. #eak

 

Toner

Duh gw nggak terlalu berpengalaman sama toner karena jujur aja bertahun-tahun nyekip toner. But I will share toner apa aja yang pernah dipakai.

SKII Cellumination Mask in Lotion: this is superb. Bener-bener hydrating tetapi ya, sekali lagi harganya cyin. Untuk komitmen jangka panjang kayaknya musti menaikkan income dulu.

SKII Clear Lotion: not hydrating enough. Jadinya merasa nggak guna make ini.

Klairs Supple Preparation Toner: ini menghidrasi juga, but really not worked well on me. Entah ya kayaknya mungkingw sensitive sama salah satu kandungan bahannya. Abis pakai 2 minggu pemakaian jerawat 3 biji gede-gede keluar. Hiks. Meskipun produk ini banyak review positifnya, sekali lagi relative karena ternyata nggak cocok setelah dicoba. Ini sebabnya gw tuh rada-rada skeptis sama produk yang banyak dipakai orang dan bagus, karena belum tentu juga cocok.

Manyo Factory Galactomyces Toner: well, produk-produk Manyo yeah memang nggak ada masalah berarti, tapi juga nggak ngasi impresi kuat apa-apa sih. Jadi pencarian terus berlanjut setelah nyoba pun.

 

First Essence

SKII FTE : my ultimate bias. Cuma akhir-akhir ini mencoba untuk mencari yang lain. Karena apa FTE itu di aku si kulit kering ini Cuma bisa dipake paling banter setahun. Abis itu kulit jadi resisten dan tambah tipis. Jadi mengelupas gitu kalau terus-terus dipake dan you know lah harganya. *kekep dompet

Sulwhasoo first care activating serum ex: OMG, this is also a SOMETHING—Harus ya pake capslock. Soalnya this really works on my first try. Ciyusaaaan. Cuma harganya nggak nahan. Beneran nggak nahan karena lebih mahal dibanding SKII. Yang bener aja Ndro, niat mau nyari yang lebih murah masak kesangkut sama yang lebih mahal. Ck ck ck ck…

Manyo Factory Galactomyces : tidak ada impresi signifikan sih. Cuma setelah abis 1 botol yang 30 apa 50 ml itu ya, lumayan bekas-bekas darkspot memudar milia mengecil tetapi nggak terlalu terkesan. Kurang WOW.

Missha FTE 4th Gen: lagi pake ini sekitar 2 mingguan, and so far happy ya with the results. Mungkin karena pakai full course Missha semua, jadi lebih bekerja gitu. Will update you with recent results lah ya.

 

Serum

Yeay!

SKII Repair C: So far ini adalah serum paling favorit ya. Paling signifikan. Paliiiing memberikan hasil yang bena-benar kelihatan. Beneran worth money banget lah seriusan untuk kulit kering. Cuma mahalnya nggak ketulungan.

SKII Cellumination Serum, sekarang duh namanya Genoptic Aura: yeah ini juga bikin glowing-glowing gituuu. Cuma dulu lebih jatuh cinta sama Repair C.

Manyo Factory Bifidalacto ferment: katanya dupe ANR nya Estee Lauder yaaang jauh lebih alami. Cukup memberikan plumpiness, menghasulkan efek yang oke meskipun secara pribadi nggak terlalu terkesan.

MISSHA Borabit Ampoule: sekarang lagi pakai botol kedua yang isinya 50 ml. serius ini awet bangetttt, g habis-habis. Termasuk dupenya ANR Estee Lauder, dan cukup happy ya makenya. Makanya repurchase. Cuma lagi disela nih sama:

MISSHA Probio Ampoule: lol ini 4th Gen dari Borabit si sebenarnya, jadi beli sepaket trial kit gitu, and I am quite happy dengan hasilnya. Kayaknya nanti bakal ngasi MISSHA Borabit ke Ibuku—karena baru juga baru dipake beberapa drops—dan bakal lanjut sama ini probio setelah trial kit abis.

 

Krim

Ristra Total Concept Whitening Series: not so impressed sih sebenernya, tapi aku lumayan lama pakai itu sebelum lompat ke SKII

SKII RNA Power: Dulu namanya stempower, terus diperbaiki jadi RNA Power. Ini beneran ngasih apa yang di claim sih. Bener-bener krim anti aging yang oke punya. Pakai ini sekitar 2 tahun secara signifikan meningkatkan skintone. Ya jujur ajasi gw belum pernah pakai krim lain sereligously ini. Cuma kalau nanti si MISSHA ternyata bisa nandingin, well kita liat lah ya.

MISSHA Probio cream: ini sepaketan trial kit yang tadi. So far blom terlalu terimpress lah ya. Karena kerjanya hasil dari produk lain-lainnya juga.

 

Masker

Garnier hydra bomb mask sheet: well, this one is the best mask sheet I ever tried lah.

Faceshop: so–so, suka Karena banyak variannya

Tony Moly: itchyyy!!

Lululun: ini enak juga euy, yang abis dari jepang oleh2in ini dong. LOL

Oriflame Honey Mask : Ini enak juga btw. Menghidrasi juga.

 

Special karena nggak tau mau dimasukkin ke mana:

MISSHA First Treatment Serum Emulsion: ini bagian dari trial kit, dipakai setelah FTE, dan ini surprisingly enak. Bentar lagi habis, dan sepertinya mau repurchase size gede. :D

 

Wish list:

  • FTE Avoskin, katanya bagus. Entahlah pengen nyobain sih kalo masih belum puas sama MISSHA 4th Gen FTE
  • Avoskin eyecream, katanya bagus juga. Let see!
  • The Body Shop Vitamin E toner, katanya juga hydrating toner. Tapi rada parno mau nyoba-nyoba

Future affordable potential skin regime:

First Cleanser (what ever I have at the moment) – Ristra MedSoap – Toner (hopefully, find the good one soon) – MISSHA FTE ex 4th gen – MISSHA FT Serum Emulsion – MISSHA Probio ampoule – SKII RNA Power

 

xoxoxoxo

will be updated with Part 2 if I add some new items!