Tags

, , ,

Katakanlah sudah lima belas tahun lamanya saya bersentuhan dengan dunia penuh keajaiban milik JK. Rowling, her Wizarding World. Mengenal fandom ini pertamakali bukan dengan membaca buku, tetapi malah menonton film seri ke 2, Harry Potter and the Chamber of Secrets di tahun 2003. Sejak itulah petualangan saya bersama Golden Trio dimulai. Saya mulai membaca bukunya, seri demi seri, hingga tahun 2005 atau 2006. Saya mengejar ketertinggalan karena 5 buku telah terbit dan 4 film telah tayang.

credit is belong to the artist @upthehillart

Kemudian pada tahun 2006 atau 2007 saya lupa tepatnya, saya ikut euforia diterbitkannya buku ke 6 dalam versi Bahasa Indonesia dan terus seperti itu berlanjut untuk buku ke 7 di Januari 2008 (juga versi Bahasa Indonesia) dan naskah the Cursed Child tepat hari ini di tahun 2016. Saya ikuti semua pesta rilisnya, ikut antri nonton premier untuk film ke 7 dan 8: the Final.

HP and the Cursed Child release party, Lotte Avenue Jakarta

Yang terakhir adalah ketika Fantastic Beast pertama tayang di tahun 2016 lalu, Ya Alloh, rasanya seperti berkencan kembali dengan mantan. Wkwkwk. Degdegan euy, daan bahagiaaaaa banget.

the upcoming Fantastic Beast serie, will be released on November 16, 2018, got somewhere from Tumblr

Katakanlah benar bahwa Harry Potter Series merupakan teman saya bertumbuh. Kesukaan saya membaca buku menjadi sangat terpupuk karena seri buku ini. Dan sampai saat ini rasanya belum ada seri fiksi yang sefenomenal itu menyentuh saya secara pribadi.

Mungkin kesannya lebay ya, tetapi yang mendewasa bersama Harry Potter akan memahami ini. Cerita seri ini berkembang seiring dengan perkembangan pembaca. Ketika pada Buku Pertama, cerita Harry kecil sangat relatable dengan usia kami sebagai anak-anak yang beranjak remaja, dan seterusnya. Ketika Harry mengalami fluktuasi emosional di buku ke 5, rasanya waktu itu, ketika membacanya untuk pertama kali—maupun saat ini, meski sudah yang kesekian kali—saya juga merasakan luapan emosi yang sama. Naik turun, pengen ngamuk-ngamuk. Ketika buku 7 akhirnya keluar dan sampai kepada bab di mana Harry melangkah ke Hutan Terlarang untuk “mati” pembaca bisa ikut merasakan bagaimana kegalauannya, dan mengerti banyak kata “mengapa” dibalik itu karena pada dasarnya secara emosional sudah sampai pada pemahaman tersebut.

Saya sangat menjunjung tinggi value yang dibawa dan pesan yang disampaikan oleh seri ini. Banyak sekali hal baik yang saya petik dan pelajari. Yang juga tentunya membantu saya mengenali pribadi ketika melewati masa-masa pencarian diri. Meskipun saat ini setelah jauh lebih dewasa, sebenernya karya ini banyak implisit values yang nggak sesuai sama norma personal. Keganjilan-keganjilan karakter dan plot twist yang sebelumnya terlewatkan juga sedikit-sedikit mulai dipahami, tetapi nggak semuanya oke dan bisa diterima sesungguhnya. Hanya saja kesan awal mengenai nilai-nilai persahabatan, perjuangan terhadap kebenaran, penghargaan terhadap langkah-langkah kecil proses, usaha dan kerja keras menjadi inspirasi bagi saya ketika mend<ewasa.

Dan kemudian selain mengajarkan nilai dan norma yang saya percayai sampai saat ini, bersentuhan dengan dunia ajaib ini membuat saya pengen banget ke UK. Aack tapi belum kesampaian eung. Belum ada kesempatannya. Semoga nanti ya diberi kesempatan sama Alloh buat main ke London, liat King Cross Station, mengunjungi lokasi Hogwarts Train yang melintas di Scotland:

Atau setidaknya main ke Universal Studio dengan Harry Potter Theme Park seperti di Osaka (paling deket dan ini beneran masuk wish list ketika nanti ke Jepang, doakan saja segera). Mengagumi kastil Hogwarts, main ke Hogsmeade, icip-icip Butterbear (I really hope it is alcohol free) daaan sederet aktivitas wajib lainnya.

credit goes to Universal Studio

Sebagai penutup saya ucapkan Happy Harry Potter Day, today is Harry’s and Madam Jo’s birthday and thank you to be there with me during my childhood. Saya banyak bertemu teman-teman baru, banyak punya bahan cerita yang kayaknya nggak ada habis-habisnya (sampai saat ini pun, masih) kalau ngomongin teori-teori konspirasi dalam Wizarding World.

Tulisan ini juga didedikasikan untuk menyambut Fantastic Beast and the Crime of Grindelwald yang akan tayang akhir tahun nanti.

credit goes to

fadalalala.tumblr.com

With lots of love,
atviana