Tags

, , , , , , , , , , ,

image

Pada dasarnya, Italian cuisine merupakan salah satu makanan kesukaan saya—selain masakan padang, hehehe…—karena saya suka keju dan daging. Aah… so I never say no to pizza, pasta, lasagna, or anything you could mention. Yang penting baik dan halal. :D karena itu saya sering bereksperimen membuat pasta, yang ujung-ujung nya saya makan sendiri, dan sampai detik ini tidak pernah mengecewakan. *kibas poni. No I am not that expert in cooking, but you can ask me to cook you dinner sometimes.

Beberapa hari lalu saya secara tidak sengaja menemukan resep pasta yang kelihatannya enak dan patut dicoba selama liburan long weekend ini. Bagi saya long weekend soalnya saya cuti kerja hari Jumat, hehehe…

I promise you, this pasta recipe is total piece of cake alias easy peasy. Tinggal siapkan bumbu, tumis, rebus, dan jadi. Langsung saja ya.

Approximately could be served for 3-4 servings :D

image

Bahan:

  • 200 gr pasta, saya menggunakan macaroni spiral. Pengen pakai yang bentuknya pita, Cuma g ada yang bungkusan kecil. *hammer…
  • 1 buah dada ayam, rebus hingga matang, sisihkan kaldu dan potong-potong dagingnya. Sebenarnya saya nggak makai dada ayam mentah, kemudian direbus. Ayam goreng sisa beberapa hari lalu saya potong-potong, dan kaldunya saya pakai 2 bungkus kaldu instan. :p Well, just use everything in your refrigerator for good use right, especially leftover. Hahahaha..
  • 3 buah sosis daging, iris-iris
  • 1 ikat bayam, bersihkan
  • 3 siung bawang putih, cincang halus.
  • 1/3 bawang Bombay ukuran sedang, iris tipis.
  • 1 buah tomat buah matang, potong dadu
  • Cabai rawit atau cabe merah besar sesuai selera, saya menggunakan cabai merah besar dan cabai merah kering yang dipotong-potong
  • 2 sendok makan air perasan jeruk nipis
  • Keju mudah lumer sesuai selera, parut kasar
  • Lada bubuk, garam dan gula secukupnya
  • Minyak goreng/margarine/olive oil secukupnya

Cara Membuat:

  1. Tumis bawang bombai sampai harum dan kecoklatan pada wajan. Tambahkan bawang putih cincang. Tumis sampai wangi. Masukkan cabai, dan ayam tumis sampai layu.
  2. Masukkan kaldu ayam, perasan jeruk nipis dan pasta. Usahakan seluruh pasta tenggelam ke dalam kaldu. Rebus pasta hingga matang. Bisa ditambahkan kaldu dan air sesekali bila pasta belum masak namun kuah hampir habis. Masak pasta hingga aldente, dan kuah mengental.
  3. Masukkan tomat, dan tambahankan bayam sedikit demi sedikit aduk rata, biarkan hingga layu.
  4. Tambahkan lada bubuk, garam dan gula sesuai selera aduk rata. Tambahkan keju parut tutup wajan sesaat, biarkan keju lumer.
  5. Siap disajikan.

image

Anyway, improvisasi yang saya lakukan hanya menambahkan cabai dan jeruk nipis supaya rasanya lebih Indonesia. Hehehe… dan hasilnya spektakuler.

image

Kalau boleh jujur, karena sudah terlalu sering blogging dalam Bahasa Inggris terkadang sedikit agak kehilangan kata-kata ketika mencoba menulis dalam Bahasa Indonesia kembali. Ahahahhaha.. :p

Selamat Mencoba.

cheers
atviana

