Tags

, , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Paspor

Salah seorang teman meminta untuk menuliskan rincian perjalanan Eropa kemaren, dan kalau saya pikir-pikir, rinciannya itu butuh waktu sebulan penuh untuk diceritakan secara tuntas. Hahaha, lebay. He particularly insisted me to highlight the total Euros I spent. *hahaha… let see…

Okay sebelum saya bahas detailnya, bisa dikatakan perjalanan yang kemaren saya lakukan di sekitar pertengahan bulan Mei ke tiga negara di Eropa: Perancis, Italia dan Spanyol sebenarnya cukup murah. Saya menghabiskan total 250-300 Euro untuk transportasi, penginapan, makan, jalan-jalan, masuk museum, kuliner dan belanja. Mengapa begitu? Ini alasannya:

  1. Saya sudah berada di Eropa. Karena menurut saya yang paling mahal adalah tiket dari Indonesia ke Eropa bisa sampai 1000 Euro pulang pergi (more or less).
  2. Visa saya, visa pelajar. FYI, Visa Schengen (Visa untuk Uni Eropa) untuk pelajar itu gratis lo *smirk. Kalo untuk jalan-jalan atau lainnya 800k rupiah untuk 90 hari (kalo g salah).
  3. Saya g banyak belanja, mungkin yang total saya lakukan adalah kuliner, selama konteksnya halal. :D

Jadi saran saya kalo mau jalan-jalan ke Eropa dengan biaya murah rencanakan perjalanan dari jauh hari, manfaatkan promo tiket murah, atau cari beasiswa summer school/shortcourse/master/doctoral degree… hehehe… :p

Oke, kita mulai Traveling Talk kita dengan Apa Saja Yang Musti Saya Siapkan?

  1. Rencanakan perjalanan, mulai dari waktu keberangkatan, lama tinggal, tujuan dan lain sebagainya.
  2. Hunting tiket PP Indonesia-Eropa yang lagi promo, biasanya di bulan-bulan tertentu ada promo Indonesia-Eropa.
  3. Punya Kartu Kredit << penting ini untuk urusan berikutnya.
  4. Punya Paspor << wajib bangeeeettt…
  5. Ngurus visa Schengen << tips, uruslah Visa di Kedutaan Belanda (Kuningan) Cuma sehari, dibandingkan di Kedutaan lain seperti Jerman, Perancis, atau Itali :3
  6. Setelah itu rencanakan media transportasi di tempat tujuan, tempat menginap, tujuan wisata dsb.
  7. Belajar dikit-dikit terutama bahasa Perancis, lu bakal kayak orang bego kalo doi g ngerti bahasa Inggris (atau nggak mau pake) dan kita nggak bisa bahasa Perancis. Tapi susah sih emang… hahahaha… Jadi fasih kan bahasa tubuh anda. :)
  8. Berangkat deh :3

Selanjutnya akan saya jelaskan detail perjalanan saya dan persiapan keberangkatan kami (waktu itu ber 12 jalan-jalannya). Perlu diketahui trip ini tidak termasuk perjalanan Indonesia-Amsterdam, so rincian biaya ini diluar tiket pesawat Indonesia-Amsterdam loh ya. Kemudian kalo harganya udah naik yah berarti belum rejeki dapet murah :p

Reservasi Transportasi

  1. Dua bulan (atau satu bulan, lupa saya tepatnya) sebelum trip Eropa saya dan teman-teman memutuskan untuk mengunjungi 3 negara, Spanyol, Itali dan Prancis.
  2. Kebetulan ada tiket pesawat murah untuk itu, maskapainya Ryan Air , kemudian kami reservasi tiket pesawat 3 penerbangan 1) Eindhoven (Belanda) – Milan (Itali); 2) Milan (Itali) – Barcelona (Spanyol); 3) Barcelona (Spanyol) – Paris (Prancis).
  3. Bisa dibilang keberuntungan karena ada promo untuk masing-masing penerbangan itu dan bisa dijadwalkan total 1 minggu. Total harga tiket untuk penerbangan ini 70 Euro, jadi sekali terbang more or less 24 Euro.
  4. Pemesanan tiket bisa dilakukan online dan dibayar pakai kartu kredit jadi penting banget punya kartu kredit. Catatan: Semua tiket di Eropa belinya online, ngeprint sendiri, nggak kayak di Indonesia lo, kalo ke bandara belum bawa tiket yang diprint bisa didenda :p.
  5. Patut dijadikan catatan (juga), Ryan Air itu kayak Air As*a, jadi kalo mau bawa bagasi musti beli space bagasi. Jadi kemaren kita hanya beli 1 bagasi untuk dipake ber-12. Dimana peraturan penerbangan di Eropa itu kan ketat banget, nggak boleh bawa barang-barang cair diatas 10 ml di dalam kabin, so kita menyatukan alat mandi dalam bagasi yang kita bawa. Beneran ketat banget lo ini pemeriksaanya, kan sayang kalo kita bawa parfum mahal eh disuruh dibuang di bandara. Hiks.. So Be warned!
  6. Catatan (lagi), Ryan Air itu kayak angkot, siapa cepat dia dapat. Artinya kita pasti dapat tempat duduk si, cuma rebutan. Bisa reservasi lebih dulu, tapi akan dikenakan biaya tambahan sekitar 5 Euro (kalo g salah inget).
  7. Untuk catatan (lagi-lagi), tolong perhatikan syarat dan ketentuan barang bawaan kabin, kalo kedapatan tas bawaan kita lebih dari 1 atau volumenya melebihi yang disyaratkan dendanya mahal lo: 60 Euro. Wkwkwk.. kemaren kejadian soalnya :) Dua orang temen ada yang kedapatan tasnya lebih gede dari volume yg disyaratkan maskapai, eh disuruh bayar deh 60 Euro (untungnya bukan gw).
  8. Untuk perjalanan dari Paris kembali ke Amsterdam, kami memilih naik Bus via Brussels (Belgia), Perusahaan Bus nya namanya Mega Bus tergolong murah, Paris-Amsterdam 16 Euro. Perusahaan ini juga melayani jalur ke UK, kemaren pengen banget ke London si sebenernya tapi nggak punya Visa nya. Visa UK dan Visa Uni Eropa beda sih… hiks…
  9. Tips: Kalau tidak terburu-buru sih, mending antar negara naik bus ini aja, lebih murah dan risk nya minimal, bisa bawa barang lebih banyak.

Reservasi Penginapan

  1. Setelah melakukan planning perjalanan, lakukan reservasi penginapan lewat internet. Banyak banget situs yang melayani searching hotel/hostel/apartment rental dsb. (contoh: www.booking.comwww.hotels.com, www.hostelbookers.com)
  2. Tips: sesuaikan dengan kebutuhan, misalnya cari rentang termurah di pilihan pencarian atau pilih hotel di dalam kota, atau dekat stasiun subway atau halte bus, atau pilih yang jenisnya dormitory.
  3. Tenang aja system transportasi di Eropa itu terpadu kok, mau kemana aja dari mana aja bisa :D
  4. Semua hotel yang dipesan atau direservasi hanya disuruh bayar DP beberapa persen dari harga total (lupa tepatnya), menggunakan kartu kredit. Tetapi biasanya ada biaya-biaya tambahan yang nggak dicantumin di web, seperti pajak so hati-hati, terutama di Milan. :3
  5. Lihat testimonial pengguna, bisa diketahui tingkat kenyamanan, keamanannya dari situ.
  6. Setelah reservasi online kita akan diberi pemberitahuan lewat email, nah itu yang dipakai buat claim nanti di hotel nya.
  7. Semua hotel/hostel yang saya dan teman-teman pergunakan memuaskan kok di 3 kota tersebut. Paling mahal di Paris namanya Hotel Grand Magenta rate 35 – 40 Euro perkamar permalam bisa dipake ber2 atau ber3. Lokasinya deket Montmartre: titik tertinggi di Paris (Lokasi Basilica Sacre de Cour), jalan kaki deket dari Stasiun Gare du Nord, banyak tempat makan halal, deket McD. Wifi ada tapi musti bayar paket, hahaha, g mau rugi. Disini kita nyewa 3 kamar, dan disinilah satu-satunya, semua orang dapat tempat tidur dengan sangat nyaman :3. Lagi-lagi 3 cewek menguasai 1 kamar (untungnya kali ini emang buat ber3).
  8. Harga Medium di Milan, Hotel Poma. Yang menarik adalah hotel ini terletak di Via Archimede atau Jalan Archimedes. So Scientific it sounds, hehehe… Deket banget sama stasiun subway, dan di tengah kota. Kemana-mana deket. Kalo g salah ratenya 15-20 Euro perorang permalam. Fasilitas oke, wifi ada tapi hanya di Lobi, ada air panas (tapi g terlalu dipake, suhu di Itali mirip-mirip di Indonesia pas musim semi). Kita nyewa 2 kamar. 1 kamarnya bisa buat 6 orang. Cuma karena 12 orang itu terdiri dari 3 cewek 9 cowok, 1 kamar dipake 3 orang cewek. Dan 1 kamar lagi dipake 9 orang cowok. Muahahahahahaha… :p
  9. Paling Murah adalah di Barcelona, Hotel Urbany. Well, ini hotel emang paling murah kalo g salah sekitar 10-12 euro perorang permalam, tapi bukan berarti fasilitasnya g bagus. Hotelnya bagus lo, wifinya kenceng (gratis pula), kamar mandinya oke. Tapi bentuk hotelnya itu kayak dormitory. Kita bisa dicampur dengan penghuni lain. 1 kamar maksimal 6/4 orang. Kita nyewa 3 kamar. 1 kamar dipake 3 orang member girl group, dan 2 kamar lain dipakai 9 orang member boy band *ups. Ada common room, lobby plus free wifi dengan komputer-komputer, dapur bersama, ruang laundry. Deket sama Plaza de Catalunya dan outlet-outlet perbelanjaannya yang keren-keren (jalan kaki doang), deket stasiun subway, deket café- café cantik, dan deket Kampus Catalunya :D. Kalo di hotel macam gini, kehati-hatian adalah yang utama.

Well, kayaknya itu dulu deh ya, persiapan-persiapan yang bisa dilakukan Sebelum keberangkatan. Bagian selanjutnya saya akan membahas, biaya transportasi dalam kota, tempat makan dan tempat wisata masing-masing lokasi.

Sayang banget saya nggak punya banyak dokumentasi foto hotelnya, bisa diliat di web nya lah ya. Well, kalo ada yang punya pengalaman Europe Trip juga dan pengen dishare di sini, email me at fitrie.atviana@yahoo.com I will submit your contribution well. :D

Stay tune untuk seri Traveling Talk: Eropa Trip bagian 2.

Cheers

atviana

Advertisements