Tags

, , , ,

Puding Coklat dengan Isian Brownies dan Saus Nanas

Puding Coklat dengan Isian Brownies dan Saus Nanas

Alhamdulillah Ramadhan datang membawa berkah.. Sudah lama berselang sejak postingan terakhir. Bukannya mau berkeluh kesah atau apa jujur saja, koneksi internet disini membuatku (agag) gila… Dengan keterbatasan akhirnya bisa ngeposting.. Yeay!!..

Kali ini saya bereksperimen dalam bentuk puding untuk menu berbuka puasa hari ini. Idenya sih hanya ingin memanfaatkan apa aja yang ada di kulkas… hehehe… Berikut ini resep dan cara membuatnya.

Anyway, ukuran yang saya pakai kebanyakan ukuran kira-kira dan ukuran wadah yang bisa saya temukan saat itu, agak repot juga kalo musti presisi ukurannya. :D

Puding Brownies

Bahan:

  • 1 bungkus Nutrijel Coklat.
  • 4 sendok makan munjung gula pasir (atau sesuai selera).
  • 700 ml Air minum (sesuai dengan keterangan di bungkus Nutrijel).
  • Brownies Coklat kukus atau panggang potong dadu secukupnya.

Cara Membuat:

Campur  bubuk Nutrijel dengan gula pasir di dalam panci kemudian baru ditambahkan air sehingga tidak menggumpal.  Masak dengan api kecil aduk-aduk hingga mengental dan berbuih (mendidih). Atur potongan Brownies dalam cetakan sesuai selera. Biasanya saya lebih suka menungkan separuh adonan hingga isian Browniesnya tenggelam dan menunggu sampai mengeras (diangin-anginkan) baru kemudian menuang sisa adonan. Sambil menunggu lapisan pertama mengeras sisa adonan bisa tetap diaduk-aduk di atas api kecil agar tidak membeku. Dinginkan setelah menuang sisa adonan. Dengan cara ini potongan Brownies akan berada di tengah pudding. :D

Saus Nanas

Bahan:

  • 2 kuning telur kocok lepas.
  • 3 sendok makan munjung tepung maizena.
  • 3 sendok makan munjung gula pasir
  • 500 ml susu UHT rasa plain.
  • 2 ½ tutup botol Sirup Nanas (karena sirup yang saya pake ABC Squash Delight tahu sendiri lah ya segimana ukurannya).
  • Garam, Vanilli dan Citroon Zoer (perasa asam) secukupnya.

Cara Membuat:

Campurkan tepung maizena dengan sedikit susu hingga larut. Masukkan sisa susu ke dalam panci, tambahkan dengan gula, sirup, garam dan vanilli secukupnya. Masak dengan api kecil, aduk-aduk hingga mendidih. Setelah mendidih masukkan campuran tepung maizena yang telah dicairkan. Aduk-aduk hingga mengental dan mendidih. Angkat dari api. Aduk sambil mendinginkan. Masukkan Citroon Zoer dan kuning telur sambil terus diaduk sampai benar-benar rata. Dinginkan.

Potong-potong pudding yang telah beku dan dingin siram dengan saus nanas yang juga telah didinginkan. Sajikan.

Yummie!!

Apa yang menjadi menu buka puasamu hari ini??

Cheers

Atviana

Advertisements