Tags

, , , , , , , ,

Generally, sepatu lukis merupakan handmade hasil lukisan yang dituangkan di atas sepatu kanvas. Saya sudah beberapakali membuat sepatu lukis, baik untuk digunakan sendiri, maupun untuk diberikan kepada orang-orang tersayang. Alat dan bahannya pun tidak sulit untuk ditemukan. Kali ini, yang ingin saya bagi adalah info dan tips untuk membuat sepatu lukis bagi pemula.

Kero

Well, kau tidak perlu memiliki bakat lukis andal untuk memiliki sepatu lukis yang lucu, dengan bekal kreativitas kau akan menghasilkan karya yang cukup apik…

Bahan dan Alat

1. Sepatu Kanvas 

Sepatu Kanvas

Sepatu Kanvas saat ini terdiri dari beragam jenis dan ukuran. Usahakan sepatu yang akan digambar adalah sepatu baru, sehingga permukaannya masih kaku, minim kotoran dan mudah untuk dilukis. Saya suka melukis di atas sepatu yang berwarna putih, krem, abu-abu atau biru. Apabila kita memilih sepatu berwarna, kita tidak perlu melakukan pewarnaan dasar lagi kan.. :D

2. Cat Akrilik

Cat Akrilik

Sebagai permulaan gunakanlah cat akrilik yang dikemas dalam tube-tube kecil. Sebagai contoh saya menggunakan Cat Akrilik merek Marie’s yang terdiri dari 18 warna (Rp 48.000,00 akhir tahun 2010). Masing-masing tube berisi 12 ml. Warna-warnanya cerah dan mudah untuk dicampur-campur.

FYI: cat ini awet loh, padahal sudah saya gunakan setahun lebih (dengan intensitas melukis yang cukup tinggi).

3. Kuas

Kuas

Menurut saya pribadi kuas merupakan aset. Dimana untuk mendapatkan hasil dan kualitas yang baik, kau butuh kuas yang agak lebih mahal. Namun kuas kan bisa dipakai kapanpun dan tahan lama. Kuas yang sering saya gunakan adalah kuas pipih nomor 2 – 4, kuas bulat 0, 00, 000 merek Lyra dengan harga berkisar dari Rp 5.000,00 – Rp. 10.000,00.

Saya lagi ngidam kuas ukuran 000 yang bagus banget di Gramedia, tapi belum terbeli T,T.

4. Cat Pelapis

Cat Pelapis Bening

Cat pelapis berfungsi sebagai finishing dan top coat agar lapisan lukisan lebih tahan lama dan lebih mengkilap warnanya. Saya sering menggunakan Cat Semprot berwarna bening atau clear. Saya gunakan Pylox Spray Clear.

5. Alat Gambar

Pensil Penghapus

Pensil dan penghapus dibutuhkan untuk menggambar pola.

6. Pelengkap dan Lem

Pernak-pernik

Pelengkap bisa pita yang digunakan sebagai tali sepatu, glitter yang dipakai untuk hiasan, manik-manik, kancing dan lain sebagainya. Kemudian jika kau akan menambahkan manik-manik atau tempelan kancing kau akan butuh lem tentu saja.

Cara Membuat

Step by Step One Piece

Step by step of Chopper

1. Bersihkan permukaan sepatu dari debu yang menempel. Lepas tali sepatu yang masih terpasang.

2. Pilih pola yang ingin di gambar. Sebagai permulaan pilihlah pola yang mudah dibuat, seperti polkadot, garis-garis, awan, daun-daun, atau kalau kau yakin, bisa memilih tokoh-tokoh komik atau kartun. Terkadang banyak juga yang membuat cerita pada sepatu lukis. Kalau saya, suka melukis dua hal berbeda di kanan dan kiri sepatu, namun masih satu tema.

3. Gambarkan polanya di atas sepatu.

4. Dengan menggunakan kuas pipih atau bulat kecil (ukuran 2 atau 3) mulailah melukis dengan warna yang paling dasar. Misalnya warna yang ingin ditunjukkan secara dominan, atau gambar yang terletak paling dasar.

5. Perkuat warnanya dengan memberikan gradasi warna.

6. Berikan Outline untuk memperkuat gambar. Bisa menggunakan kuas kecil (ukuran 00 hingga 000).

7. Permanis gambar dengan memberikan tambahan-tambahan detail pada bagian samping, belakang sepatu. Tambahkan glitter pada bagian-bagian yang diinginkan. Biarkan mengering.

8. Setelah mengering (atau dengan bantuan hairdryer) sepatu dapat ditempeli manik-manik, kancing atau pemanis lain kemudian dicat menggunakan cat pelapis semprot. Semprotkan tipis-tipis secara merata. Setelah kering dapat diulangi kembali hingga dirasa cukup tebal. Angin-anginkan hingga mengering.

9. Setelah sepatu kering, tali sepatu bisa diganti dengan menggunakan pita agar lebih cantik dan sepatu lukis pun bisa digunakan. Untuk perawatan, cukup cuci dengan sabun detergen, tetapi jangan disikat terlalu keras. Apabila permukaan cat pelapis telah menipis, sepatu bisa disemprot lagi dengan cat pelapis. Sebelumnya permukaan sepatu dibersihkan terlebih dulu.

The Choppers setelah digunakan

The Choppers setelah digunakan

~SELAMAT BERKREASI.. >,<

Update:

Kepada teman-teman sekalian yang berdomisili di Jabodetabek dan ingin belajar membuat sepatu lukis, saya membuka kelas perdana Melukis Sepatu pada hari Minggu, tanggal 26 Juli 2015 di Ruang Guru HQ, Tebet Jakarta Selatan.

Info lengkap dan pendaftaran dapat dilihat di sini.
Terimakasih

cheers,
atviana

Advertisements